Info penting

Kamis, 11 Agustus 2016

MASAKAN KHAS MINANG MENGELITIK LIDAH

BEBERAPA MASAKAN MINANG MENGELITIK LIDAH

Jika Anda berwisata ke Sumatera Barat jangan lupa untuk mencicipi masakan makanan dan minuman khas Minangkabau. Sebagai  referensi inilah beberapa makanan dan minuman khas tradisional asal Sumatera barat.

1. Rendang

from google

Siapa yang tidak kenal dengan masakan rendang, makanan asal Provinsi Sumatera Barat ini adalah salah satu masakan khas nusantara yang sangat lezat dan dapat disimpan satu minggu hingga empat minggu. Kenapa bisa bertahan begitu lama? karena Rendang adalah masakan yang mengandung bumbu rempah yang kaya, dan tidak banyak kuah serta enak dimakan dengan nasi.

SEKILAS FILOSOFI RENDANG

Makanan rendang khas Padang sebagai masakan tradisional memiliki posisi yang terhormat dalam hidup bermasyarakat di Minangkabau. Hal ini dikarenakan bahan-bahan pembuat rendang memiliki makna sendiri-sendiri. Bahan pertama yaitu dagiang atau daging sapi yang juga merupakan bahan utama melambangkan niniak mamak dan bundo kanduang, dimana mereka akan memberi kemakmuran pada anak pisang dan anak kemenakan. Bahan kedua adalah karambia atau kelapa, yang melambangkan kaum intelektual atau yang dalam bahasa Minang disebut Cadiak Pandai, dimana mereka merekatkan kebersamaan kelompok maupun individu. Yang ketiga adalah Lado atau sambal sebagai lambang alim ulama yang tegas dan pedas dalam mengajarkan agama. Bahan terakhir adalah pemasak atau bumbu, yang melambangkan setiap individu dimana masing-masing individu memiliki peran sendiri-sendiri untuk memajukan hidup berkelompok dan adalah unsur terpenting dalam hidup bermasyarakat masyarakat Minang. Sekian informasi singkat mengenai sejarah masakan/makanan rendang khas Padang yang mendunia, semoga dapat menambah pengetahuan teman-teman semua mengenai sejarah masakan traditional yang ada di Indonesia. Mari bersama-sama kita jaga dan lestarikan kekayaan kuliner yang kita miliki, khususnya dalam hal ini masakan/makanan rendang. Jangan sampai warisan leluhur kita ini dibajak oleh negara lain seperti kasus-kasus yang pernah terjadi sebelumnya

2.KALIO DAGIANG

Kalio dagiang adalah salah satu sajian hidangan makanan yang lezat yang diolah dengan bumbu dan rempah yang begitu kaya sehingga mengakibatkan lidah penikmat serasa di hipnotis.
Hidangan ini jika dilihat mirip dengan hidangan rendang daging, penyajiannya pun hampir serupa. Dan tentunya hidangan ini akan cocok dijadikan sebagai sajian utama santapan makan kali ini.

3.GULAI ITIAK LADO MUDO

Itiak Lado Mudo merupakan salah satu masakan khas negeri minang yang amat sangat enak dan gurih saat dinikmati, mungkin masih banyak masyarakat yang belum banyak mengetahui masakan yang satu ini. Resep itik lado mudo memang jarang sekali anda temui disekitaran rumah makan padang, namun masakan ini salah satu makanan favorit di daerah Bukit Tinggi.
Itik lado mudo khas bukit tinggi ini menggunakan bahan dasar daging itik yang kemudian dibakar dengan api yang kecil agar bulu-bulu halusnya hilang, dan kemudian itik tersebut di potong-potong dan dilumuri air jeruk nipis lalu ditambahkan beberapa bumbu-bumbu yang nantinya dimasak bersamaan dengan santan.

4.TEH TALUA

Minangkabau memang terkenal dengan budayanya yang beragam. Mulai dari budaya adat daerah, pakaian daerah, musik daerah, hingga makanan khas ranah minang. Termasuk juga untuk minuman, ditanah kelahiran mantan wakil presiden Indonesia pertama ini ada minuman khas yang sudah cukup terkenal ke pelosok daerah di Indonesia. Teh telor, atau masyarakat minang asli menyebutknya teh talua.
Talua dalam bahasa minang adalah telor. Minuman ini sangat enak rasanya dan menurut orang-orang tua dulu, minuman ini juga bisa membangkitkan stamina, apalagi jika ditambah dengan madu dan telor yang digunakan telor ayam kampung, pasti nendang… hehehe..
 
 Itulah sekilas masakan Khas negeri Minang yg bisa admin posting.  semoga bermanfaat....!!!

jangan lupakan masakan asli indonesia...!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar