Info penting

Minggu, 14 Agustus 2016

PESONA WISATA PULAU DI PADANG

Kota Padang sebagai Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat terletak di pesisir barat pulau Sumatera. Kota Padang memiliki garis pantai yang cukup panjang yaitu mencapai 84 kilometer. Kota Padang memang menyimpan sejumlah potensi wisata, tak terkecuali di lautannya, dimana ada puluhan pulau-pulau kecil yang berpasir putih yang sangat potensial dijadikan destinasi wisata bahari. Setidaknya ada 17 pulau-pulau kecil di lautan Kota Padang, yang sebagian besar diantaranya masih sangat asri dan alami serta belum dikelola sebagai tempat wisata oleh Pemko Padang.
Berikut 7 Pulau di Kota Padang yang membuat kamu ingin segera liburan:

1. PULAU SAWO

Pulau kecil ini memiliki luas 4,6 hektare dan berada di sisi paling utara Kota Padang. Jaraknya tak jauh dari Pantai Pasir Jambak, hanya sekitar 2 kilometer dan bisa ditempuh dengan perahu nelayan selama 15 menit.
Pulau ini relatif datar dengan hamparan pasir putih yang halus. Selain itu suasana di pulau ini masih sangat asri dan alami karena tak ada aktivitas manusia disini.
Hanya ketika terjadi badai biasanya para nelayan memanfaatkan Pulau Sawo sebagai tempat berlindung. Disini kita bisa melakukan berbagai aktivitas mulai dari berenang hingga camping bersama teman-teman. Selain pantainya yang indah, ekosistem bawah lautnya juga sangat bagus karena banyak terdapat terumbu karang dan ikan hias, cocoklah untuk snorkeling. Dan kalau beruntung dari sini kita juga bisa melihat lumba-lumba lewat.
2. PULAU PANDAN
Pernah mendengar atau membaca pantun yang berbunyi: “Pulau Pandan Jauah di Tangah, Di baliak Pulau si Angso Duo. Hancua Badan Dikanduang Tanah, Budi Baiak Takana Juo”. Pulau Pandan ini memiliki luas 16,6 Hektare dan didominasi oleh tumbuhan kelapa. Pulau Pandan memiliki pasir yang putih, pantai yang landai serta perairan yang jernih dan relatif dangkal. Kondisi yang sangat cocok untuk melakukan kegiatan seperti Snorkeling.
Dan kabarnya, di Pulau Pandan ini juga terdapat bangunan peninggalan Belanda. Di Pulau ini kabarnya juga ditempatkan seorang penjaga dan diberikan sebuah bangunan. Disini juga tersedia air bersih dan cocok untuk wisatawan yang ingin berkemah.
Jarak terdekat untuk mencapai pulau ini adalah dari Kota Padang. Bisa ditempuh menggunakan speedboat selama satu jam perjalanan atau menyewa perahu nelayan.

3. PULAU AIR

Pulau Air merupakan pulau kecil dengan luas 4,7 hektare. Letak Pulau Air paling tak jauh dari Pulau Sawo yang berada dekat Pantai Pasir Jambak. Perairan Pulau ini juga sangat jernih dan tidak terlalu dalam, cocok untuk melakukan kegiatan seperti snorkeling. Selain itu disini wisatawan juga bisa menikmati terumbu karang di bawah lautnya.






4. PULAU PISANG KETEK

 Kalau pulau yang satu ini sudah tidak asing lagi di Kota Padang, pulau ini berada tepat di depan Pantai Air Manis dan bisa dicapai dengan berjalan kaki kalau laut sedang surut.
Pulau Pisang Ketek sangat sejuk karena banyak ditumbuhi oleh pohon kelapa dan pohon-pohon rindang. Jika Anda mau piknik dengan keluarga atau teman-teman pulau ini sangat cocok untuk kegiatan tersebut.




5. PULAU PASUMPAHAN
 
Pulau Pasumpahan berada di pantai barat Kota Padang. Lokasinya di sebelah barat Pulau Setan Kecil atau 200 meter dari Pulau Sikuai. Persisnya di perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Untuk mencapai Pasumpahan dari Sungai Pisang adalah dengan perahu kayu atau speedboat sekira 20 menit.
Pantai Pulau Pasumpahan memiliki pasir putih yang halus. Pulau seluas 5 hektare ini juga memiliki perairan yang jernih dengan tiga gradasi warna yaitu bening, hijau dan biru.
Di Pulau Pasumpahan ini kita juga bisa melakukan aktivitas seperti snokeling dan diving karena alam bawah lautnya sangat indah dipenuhi terumbu karang dan ikan-ikan kecil.

6. PULAU SIKUAI

Dulunya Pulau Sikuai sudah dikelola oleh investor dan dibangun sejumlah fasilitas pendukung. Namun karena ada masalah kemudian Pulau ini menjadi terbengkalai dan kembali tak berpenghuni.
Meskipun begitu, Pulau Sikuai tak kehilangan pesonanya. Pasirnya yang putih dan lautnya yang bisa menjadikan pulau ini sangat eksotis dan begitu menggoda untuk dikunjungi.



7. PULAU EMAS (SUWARNADWIPA)


Pulau emas adalah sebuah nama pantai dari sebuah tempat wisata penginapan pantai yang bernama "Suwarnadwipa Beach & Resort". letaknya di pesisir sebelah Selatan kota Padang bagian Barat Pantai Sumatera.
Pulau Emas ini mempunyai perairan yang sangat tenang dengan air yang sangat jernih. Posisinya berseberangan dengan Pulau Sironjong juga sangat dekat sekali dengan Pulau-pulau cantik seperti Pulau Sikuai, Pulau Pagang, Pamutusan, dan Pasumpahan.

Suwarnadwipa adalah julukan bagi pulau Sumatera, berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya Pulau Emas atau Suwarnabhumi atau tanah yang bersinar .



Dikutip dari
http://www.infosumbar.net/wisata/
 https://id.wikipedia.org/wiki/Sumatera

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar